(Mesin Pencari Google)





Penyakit Pernapasan

(Bronchitis)



Apa Yang Menyebabkannya ?

Bronchitis akut umumnya disebabkan oleh infeksi-infeksi paru; kira-kira 90% dari infeksi-infeksi ini berasal dari virus, 10% dari bakteri. Bronchitis kronis mungkin disebabkan oleh satu dari beberapa faktor-faktor. Serangan-serangan yang berulang dari bronchitis akut, yang melemahkan dan mengiritasi saluran-saluran udara bronchial melalui waktu, dapat berakibat pada bronchitis kronis.

Polusi industri adalah tertuduh lainnya. Bronchitis kronis ditemukan dalam angka-angka yang lebih tinggi daripada normal diantara pekerja-pekerja tambang, pedagang-pedagang biji padi-padian, pembuat-pembuat cetakan metal, dan orang-orang lain yang terus menerus terpapar pada debu. Namun penyebab utama adalah merokok sigaret yang berat dan berjangka panjang, yang mengiritasi tabung-tabung bronchial dan menyebabkan mereka menghasilkan lendir yang berlebihan. Gejala-gejala dari bronchitis kronis juga memburuk oleh konsentrasi yang tinggi dari sulfur dioxide dan polutan-polutan lain di atmosfir.

Ketika Selesma Menjadi Bronchitis

Ketika anda mendapat selesma, apakah ia sering berubah kedalam bronchitis, yang adakalanya disebut chest cold? Adalah penting untuk mengenali apa yang normal dan untuk mengetahui ketika sesuatu yang lebih serius sedang berlangsung. Ini adalah apa yang anda harus ketahui ketika selesma yang buruk itu berubah kedalam bronchitis.

Haruskah Saya Memanggil Dokter untuk Batuk ?

Batuk adalah gejala selesma yang umum. Itu adalah cara tubuh menghilangkan dahak atau lendir. Namun jika batuk berlangsung lama setelah selesmanya hilang, kontak dokter anda.

Adalah bermanfaat untuk memberitahukan kepada dokter anda berapa lama anda telah mempunyai batuk. Anda juga harus memberitahu dokter apakah segala aktivitas atau paparan nampaknya membuatnya lebih buruk, jika anda mencatat segala perasaan-perasaan berbeda yang lain atau yang tidak biasa, dan jika anda membatukan lendir.

Jika anda membatukan dahak kental yang hijau atau kuning, atau jika anda mencuit-cuit (wheezing), mempunyai demam yang lebih tinggi dari 101 F, mempunyai keringat-keringat malam, atau membatukan darah, anda perlu mencari dokter. Ini mungkin tanda-tanda dari penyakit yang lebih serius yang perlu didiagnosa dan dirawat.

Batuk yang gigih mungkin adalah tanda dari asma. Adakalanya kondisi ini disebut "cough-variant asthma." Cough-variant asthma adalah sangat dibawah terdiagnosa dan terawat. Pemicu-pemicu untuk cough-variant asthma biasanya adalah infeksi-infeksi pernapasan seperti selesma atau flu. Anda mungkin bahkan mempunyai cough-variant asthma dan berpikir batuknya disebabkan oleh alergi. Sampai serangan asma terjadi, anda mungkin tidak menyadari bahwa paru-paru anda terlibat.

Definisi Bronchitis (Chest Cold)

Bronchitis terjadi ketika saluran-saluran udara dalam paru-paru anda meradang dan membuat terlalu banyak lendir. Ada dua tipe dasar dari bronchitis:

  • Bronchitis Akut adalah lebih umum dan biasanya disebabkan oleh infeksi virus. Bronchitis akut mungkin juga disebut chest cold. Episode-episode dari bronchitis akut dapat dihubungkan ke dan dibuat lebih buruk oleh merokok. Tipe bronchitis ini seringkali digambarkan sebagai lebih buruk daripada selesma yang biasa namun tidak seburuk pneumonia.
  • Bronchitis Kronis adalah batuk yang bertahan untuk dua sampai tiga bulan setiap tahun untuk paling sedikit dua tahun. Merokok adalah penyebab yang paling umum dari bronchitis kronis.


Alat Steril Botol Susu Bayi