(Mesin Pencari Google)





Penyakit Pernapasan

(Bronchitis)



Definisi Bronchitis

Bronchitis adalah penyakit pernapasan dimana selaput lendir pada saluran-saluran bronchial paru meradang. Ketika selaput yang teriritasi membengkak dan tumbuh lebih tebal, ia menyempitkan atau menutup jalan-jalan udara yang kecil dalam paru-paru, berakibat pada serangan-serangan batuk yang disertai oleh dahak yang tebal dan sesak napas. Penyakit mempunyai dua bentuk: akut (berlangsung kurang dari 6 minggu) dan kronis (kambuh seringkali untuk lebih dari dua tahun). Sebagai tambahan, orang-orang dengan asma juga mengalami peradangan lapisan dari tabung-tabung bronchial yang disebut asthmatic bronchitis.

Bronchitis akut bertanggung jawab untuk batuk kering dan produksi dahak yang adakalanya disertai infeksi pernapasan bagian atas. Pada kebanyakan kasus-kasus infeksi berasal dari virus, namun adakalanya ia disebabkan oleh bakteri. Jika sebaliknya anda dalam kesehatan yang baik, selaput lendir akan kembali normal setelah anda telah sembuh dari infeksi awal paru, yang biasanya berlangsung beberapa hari.

Bronchitis kronis adalah kekacauan jangka panjang yang serius yang seringkali memerlukan perawatan medis yang teratur.

Jika anda adalah seorang perokok dan mendapat bronchitis akut, akan lebih sulit untuk anda sembuh. Bahkan satu isapan pada rokok adalah cukup untuk menyebabkan kelumpuhan sementara dari struktur-struktur yang seperti rambut halus dalam paru-paru anda, yang disebut cilia, yang bertanggung jawab untuk menyikat keluar puing-puing, iritan-iritan, dan lendir yang berlebihan.

Jika anda melanjutkan merokok, anda mungkin melakukan kerusakan yang cukup pada cilia ini untuk mencegah mereka dari berfungsi dengan benar, jadi meningkatkan kesempatan-kesempatan anda mengembangkan bronchitis kronis. Pada beberapa perokok-perokok berat, selaputnya terus meradang dan cilia akhirnya berhenti berfungsi semuanya. Tersumbat dengan lendir, paru-paru kemudian menjadi mudah diserang infeksi-infeksi virus dan bakteri, yang melalui waktu mengubah/menyimpangkan dan merusak secara permanen saluran-saluran udara paru. Kondisi permanen ini disebut penyakit rintangan paru kronis atau COPD (chronic obstructive pulmonary disease). Dokter anda dapat melakukan tes pernapasan, yang disebut spirometry, untuk melihat apakah anda telah mengembangkan COPD.

Bronchitis akut adalah sangat umum diantara keduanya anak-anak dan kaum dewasa. Kekacauan sering dapat dirawat secara efektif tanpa bantuan medis dokter. Bagaimanapun, jika anda mempunyai gejala-gejala yang berat/parah atau gigih atau jika anda membatukan darah, anda harus mengunjungi dokter anda. Jika anda menderita dari bronchitis kronis, anda berisiko mengembangkan persoalan-persoalan kardiovaskular serta penyakit-penyakit dan infeksi-infeksi paru yang lebih serius, anda harus dimonitor oleh dokter.



Alat Steril Botol Susu Bayi