(Mesin Pencari Google)





Anemia



Arti Tingkat Hemoglobin Yang Rendah

Hemoglobin yang rendah disebut anemia. Ketika ada tingkat hemoglobin yang rendah, seringkali ada perhitungan sel darah merah yang rendah dan juga hematocrit yang rendah. Batasan-batasan acuan adalah sedikit berbeda dari satu sumber ke sumber lain, namun secara khas hemoglobin kurang dari 13.5 adalah abnormal pada laki-laki dan kurang dari 12.0 pada wanita-wanita.

Definisi Hematocrit

Hematocrit secara spesifik adalah ukuran dari berapa banyak darah dibuat oleh sel-sel merah. Hematocrit adalah cara yang sangat nyaman untuk menentukan apakah perhitungan sel darah merah terlalu tinggi, terlalu rendah, atau normal. Hematocrit adalah ukuran dari proporsi darah yang terdiri dari sel-sel darah merah.

Menentukan Hematocrit

RBCs pada sample darah dikemasi menjadi kecil dengan memutar (spinning) tabung dalam centrifuge dibawah kondisi-kondisi yang telah ditentukan. Proporsi dari tabung yang terdiri dari RBCs kemudian diukur. Katakan bahwa itu adalah 45%. Hematocrit adalah 45.

Merawat Anemia

Perawatan dari anemia bervariasi sangat besar. Pertama, penyebab yang mendasari anemia harus diidentifikasikan dan dikoreksi. Contohnya, anemia sebagai akibat dari kehilangan darah dari borok lambung harus mulai dengan obat-obat untuk menyembuhkan borok (ulcer). Demikian juga, operasi seringkali perlu untuk mengeluarkan kanker kolon yang menyebabkan kehilangan darah kronis dan anemia.

Adakalanya suplemen-suplemen besi akan juga diperlukan untuk mengkoreksi kekurangan besi. Pada anemia yang parah, transfusi darah mungkin diperlukan. Suntikan-suntikan vitamin B12 akan diperlukan untuk pasien-pasien yang menderita pernicious anemia atau penyebab-penyebab lain dari kekurangan B12.

Pada pasien-pasien tertentu dengan penyakit sumsum tulang (atau kerusakan sumsum tulang dari kemoterapi ) atau pasien-pasien dengan gagal ginjal, epoetin alfa (Procrit, Epogen) mungkin digunakan untu menstimulasi produksi sel darah merah sumsum tulang.

Jika obat diperkirakan adalah tertuduhnya, maka ia harus dihentikan dibawah pengarahan dari dokter yang meresepkannya.

Komplikasi-Komplikasi Dari Anemia?

Seperti disebutkan lebih awal, hemoglobin mempunyai peran penting mengantar oksigen ke semua bagian-bagian tubuh untuk konsumsi dan mengangkut balik karbon dioksida ke paru untuk dihembuskan keluar dari tubuh. Jika tingkat hemoglobin terlalu rendah, proses ini mungkin tergnggu, berakibat pada tubuh mempunyai tingkat oksigen yang rendah (hypoxia).

Prognosis Untuk Anemia

Anemia umumnya mempunyai prognosis yang sangat baik dan ia mungkin dapat disembuhkan pada banyak kejadian-kejadian. Prognosis keseluruhan tergantung pada penyebab yang mendasari anemia, keparahannya, dan kesehatan keseluruhan pasien.



Alat Steril Botol Susu Bayi