(Mesin Pencari Google)





PENYAKIT ADDISON



Definisi Penyakit Addison

Penyakit Addison adalah kelainan endokrin atau hormon yang terjadi pada semua kelompok umur dan menimpa pria-pria dan wanita-wanita sama rata. Penyakit dikarakteristikan oleh kehilangan berat badan, kelemahan otot, kelelahan, tekanan darah rendah, dan adakalanya penggelapan kulit pada kedua-duanya yaitu bagian-bagian tubuh yang terbuka dan tidak terbuka.

Bagaimana Terjadinya Penyakit Addison ?

Penyakit Addison terjadi ketika kelenjar-kelenjar adrenal tidak menghasilkan cukup hormon kortisol (cortisol) dan, pada beberapa kasus-kasus, hormon aldosterone. Penyakit juga disebut ketidakcukupan adrenal (adrenal insufficiency), atau hypocortisolism.

Definisi Cortisol

Cortisol secara normal diproduksi oleh kelenjar-kelenjar adrenal, yang berlokasi tepat diatas ginjal-ginjal. Ia termasuk suatu kelompok hormon-hormon yang disebut glucocorticoids, yang mempengaruhi hampir setiap organ dan jaringan dalam tubuh. Ilmuwan-ilmuwan berpikir bahwa cortisol kemungkinan mempunyai ratusan efek-efek dalam tubuh. Pekerjaan Cortisol yang paling penting adalah membantu tubuh merespon pada stress. Diantara tugas-tugas penting lainnya, cortisol:

  • membantu mempertahankan tekanan darah dan fungsi jantung
  • membantu memperlambat respon peradangan sistim imun
  • membantu menyeimbangkan efek-efek dari insulin dalam mengurai gula untuk energi
  • membantu mengatur metabolisme protein-protein, karbohidrat-karbohidrat, dan lemak-lemak
  • membantu mempertahankan penimbulan dan perasaan kesejahteraan yang pantas

Pengaturan Cortisol

Karena cortisol adalah begitu penting pada kesehatan, jumlah cortisol yang dihasilkan oleh adrenal-adrenal diseimbangkan secara tepat/seksama. Seperti banyak hormon-hormon lain, cortisol diatur oleh hypothalamus dan kelenjar pituitary dari otak, organ seukuran kacang pada dasar dari otak. Pertama-tama, hypothalamus mengirim "hormon-hormon yang melepaskan" ke kelenjar pituitary. Pituitary merespon dengan mengeluarkan hormon-hormon yang mengatur fungsi pertumubuhan dan tiroid dan adrenal, dan hormon-hormon sex seperti estrogen dan testosterone. Satu dari fungsi-fungsi utama dari pituitary adalah untuk mengeluarkan ACTH (adrenocorticotropin), hormon yang menstimulasi kelenjar-kelenjar adrenal. Ketika adrenal-adrenal menerima signal dari pituitary dalam bentuk ACTH, mereka merespon dengan menghasilkan cortisol. Menyempurnakan siklus, cortisol kemudian mengisyaratan pituitary untuk menurunkan pengeluaran ACTH.

Definisi Aldosterone

Aldosterone termasuk pada suatu kelompok hormon-hormon yang disebut mineralocorticoids, juga diproduksi oleh kelenjar-kelenjar adrenal. Ia membantu mempertahankan tekanan darah dan keseimbangan air dan garam dalam tubuh dengan membantu ginjal menahan sodium dan mengeluarkan potassium. Ketika produksi aldosterone jatuh terlalu rendah, ginjal tidak mampu untuk mengatur keseimbangan garam dan air, menyebabkan volume darah dan tekanan darah jatuh/turun.



Alat Steril Botol Susu Bayi